Mengenal Pondasi Bore Pile dan juga Jenis dan Keunggulannya Bagi Konstruksi

Mengenal Pondasi Bore Pile dan juga Jenis dan Keunggulannya Bagi Konstruksi

Anda tentu udah sering mendengar mengenai pondasi bangunan, tapi apakah Anda mengerti apa itu pondasi bore pile? Dalam tiap-tiap bangunan, pondasi menjadi komponen utama untuk membuatnya tetap kokoh dan mampu berdiri dalam jangka pas yang panjang.

Di dunia konstruksi, tidak cuma ada 1 tipe pondasi yang mampu digunakan. Melainkan terkandung lebih dari satu tipe yang terbagi berdasarkan kualitas tanah dan besaran konstruksi yang bakal dibangun. Salah satu tipe pondasi yang paling sesuai digunakan untuk suasana tanah yang keras adalah bore pile.

Bangunan bore pile mampu Anda temukan pada tempat lereng gunung dengan tanah yang tebal sebab lebih dari satu di antaranya dipenuhi dengan bebatuan. Agar lebih mengenal apa itu pondasi bore pile secara lebih mendalam, lengkap dengan berlebihan dan langkah pengerjaannya, Indosteger bakal berbagi informasinya lewat artikel tersebut ini.

Apa yang Dimaksud dengan Pondasi Bore Pile? Pondasi Bore Pile
Bore pile atau umum terhitung disebut dengan bored pile adalah suatu tehnik dalam membangun pondasi dengan memanfaatkan alat berwujud mesin bor. Seperti yang udah disebutkan sebelumnya, bore pile digunakan pada tipe tanah yang keras dan tebal. Sebab itu, mesin bor dibutuhkan untuk menyebabkan lubang yang dalam.

Sehingga mampu dikerjakan proses pengisian tulang besi dan cor beton sebagai bahan utama pembuatan pondasi bangunan. Selain pada tempat lereng, bore pile terhitung digunakan sebagai pondasi pada bangunan yang berada di tempat sempit yang bagian kanan dan kirinya udah terisi oleh bangunan lain dan juga tipe bangunan bertingkat.

Baca Juga: Cara Menghitung Cor Beton Per M3 Dengan Tepat

Meski demikian, bore pile tetap punya kualitas ketahanan yang tak kalah dengan tipe pondasi lainnya. Buktinya, ada banyak bangunan yang tetap berdiri dalam pas yang lama di tempat lereng gunung maupun tempat sempit di kota-kota besar.

Seperti pondasi pada umumnya, pondasi bore pile berfungsi menjadi bagian dasar tapak bangunan. Hal yang membedakan pondasi bore pile dengan tipe pondasi lainnya ialah kekuatan dalam menghindar beban yang lebih berat, bahkan terhitung mampu menghindar tiang sehingga tidak berubah pas berada di tanah lempung dan berair.

Apa Saja Jenis pondasi yang Termasuk Pondasi Bore Pile?
Anda udah mengenal pengertian dan deskripsi umum mengenai bore pile. Perlu diketahui pula bahwa bore pile punya lebih dari satu tipe pondasi yang dibedakan berdasarkan penggunaan alat dan tehnik dalam proses pengerjaan. Adapun tipe pondasi bore pile yang sebaiknya Anda ketahui pada lain:

1. Bore Pile Gawangan
Jenis pondasi bore pile yang pertama adalah pelubangan memanfaatkan gawangan. Mesin yang memanfaatkan gawangan mampu diandalkan dalam menyebabkan lubang galian dengan diameter yang lebih besar. Saat memanfaatkan alat gawangan, Anda mesti buat persiapan tambang pada bagian kanan dan kiri alat.

Nantinya, tambang bakal dikaitkan ke bagian dengan ketahanan yang lebih kokoh sehingga mampu menjaga keseimbangan alat gawangan selama proses pengeboran berlangsung. Bagi Anda yang berada di tempat pedalaman atau lokasi tinggal yang sempit, tipe bore pile ini sangat sesuai untuk diterapkan pas menyebabkan pondasi bangunan.

2. Bore Pile Mini Crane
Jika Anda mencari tipe pondasi bore pile yang paling efisien digunakan pada lokasi perumahan, bore pile mini crane mampu menjadi pilihan yang tepat. Dibandingkan dengan bore pile gawangan, tipe bore pile mini crane jauh lebih tenang dan tidak membuahkan getaran yang mampu mengganggu suasana bangunan yang ada disekitarnya.

Tetapi pastikan tempat pengeboran punya sirkulasi air yang lumayan dan baik sebelum akan proses dilaksanakan. Sebab bore pile mini crane dikerjakan dengan metode bor basah memanfaatkan alat mini crane. Tanah yang digunakan untuk tempat pembangunan bakal dilubangi terlebih dahulu, sesudah itu dimasukkan besi tulang yang siap untuk dipasang.

3. Strauss Pile
Pondasi bore pile yang terakhir adalah strauss pile yang membutuhkan tenaga manusia untuk jalankan segala prosesnya. Bahkan, tipe bore pile ini dikenal terhitung sebagai tipe pengeboran dengan alat bor manual. Jika bore pile mini crane memanfaatkan metode basah pas prosesnya, strauss pile memanfaatkan metode bor kering untuk menyebabkan lubang pada tempat pembangunan.

Meski muncul melelahkan, penggunaan alat ini lumayan efisien dan praktis untuk melubangi tempat pembangunan. Selain itu, tidak bakal ada nada berisik yang mengganggu pas proses pengeboran berlangsung.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Pondasi Bore Pile?
Berbicara soal tehnik dan proses dalam pembangunan, Anda tidak mampu meniadakan pembahasan seputar berlebihan dan kekurangan sehingga mampu pertimbangkan penentuan pondasi bangunan dengan matang. Selengkapnya, Anda mampu menyimak berlebihan dan kekurangan pondasi bore pile di bawah ini:

Kelebihan Pondasi Bore Pile
Pondasi bore pile punya lebih dari satu berlebihan yang mampu Anda dapatkan pas memilihnya sebagai pondasi bangunan tempat tinggal atau lainnya. Berikut lebih dari satu kelebihannya:

Tidak bergantung pada suasana kadar air dalam tanah. Baik kering maupun basah, Anda tetap mampu memanfaatkan pondasi bore pile sebagai dasar bangunannya.
Mampu meminimalisir gerakan rangka pondasi.
Mengurangi getaran yang terlalu berlebih di tanah.
Bisa dimanfaatkan pada tipe tanah keras maupun tempat sempit.
Memiliki variasi tingkat kedalaman.
Kekurangan Pondasi Bore Pile
Selain kelebihan, pastikan Anda terhitung udah pertimbangkan kekurangan yang bisa saja Anda rasakan dikala memanfaatkan pondasi bore pile. Berikut lebih dari satu kekurangannya:

Proses pengeboran bergantung pada cuaca
Membutuhkan bentonite atau bahan galian dengan kadar mineral yang tinggi sehingga mampu menghindar kepadatan tanah pada tipe tanah berpasir.
Diperlukan penambahan casing untuk menghindar tanah masuk secara berlebihan.
Rawan longsor pas proses pengeboran dilakukan, terlebih di tempat lereng.
Rentan pada timbunan lumpur pas jalankan pengeboran di kedalaman tertentu.
Baca Juga: Inilah Jenis-Jenis Pondasi Dalam Dalam Konstruksi

Apa Saja Langkah-Langkah Pekerjaan Bore Pile?
Ada lebih dari satu langkah yang dibutuhkan pas jalankan pemasangan pondasi bore pile. Agar tidak penasaran, liat langkah pemasangan bore pile secara lengkap di sini:

1. Pengeboran Lahan
Proses menyebabkan pondasi bore pile dimulai dengan pengeboran lahan terlebih dahulu. Dalam metode bor kering, Anda mampu memanfaatkan mata bor spiral dan mengangkatnya tiap-tiap menggapai 0,5 meter.

Tetapi pada bor basah, ada lebih dari satu langkah kelanjutan yang mesti diperhatikan seperti tersebut ini:

Pertama, menentukan mata bor cross bit ex design untuk jalankan pelubangan pada lahan.
Kedua, atur kecepatan putar menjadi 375 rpm dan tekanan sebesar 200 kg.
Ketiga, memberikan alat penahan pas pada lebih dari satu titik pengeboran sehingga tidak berjalan keruntuhan tanah.
Keempat, pastikan proses pengeboran terbantu air untuk menyebabkan tanah terkikis.
Kelima, jika udah menggapai kedalaman yang sesuai, diamkan bor yang menyala untuk tetap berputar, tapi jangan tambahkan tekanan.
Terakhir, pastikan sirkulasi air tetap mirip hingga semua serpihan tanah keluar.
2. Memasang Besi Beton dan Pipa Tremi
Setelah pelubangan selesai, proses sesudah itu adalah memasang besi beton dan pipa tremi untuk menolong proses pengecoran nantinya. Masukkan rangka baja dengan posisi yang tegak lurus sehingga mampu meminimalisir benturan. Selanjutnya, tahan potongan baja dan masukkan pipa tremi.

3. Pengecoran Pondasi Bore Pile
Langkah terakhir yakni jalankan pengecoran pada pondasi bore pile. Selama proses pengecoran, lepaskan pipa tremi tiap-tiap kedalaman pengecoran 3 meter. Terus jalankan proses ini hingga adukan beton yang naik ke permukaan tanah udah muncul bersih dan tidak ada lumpur mirip sekali.

Itu tadi penjelasan mengenai pengertian, jenis, berlebihan dan kekurangan, dan juga langkah pembuatan pondasi bore pile. Apakah sekarang Anda udah lebih memahaminya?

Perlu diingat bahwa langkah pemasangan pondasi bore pile cuma mampu dikerjakan oleh tenaga pakar sebab membutuhkan ketelitian dan kekuatan yang tinggi untuk membuahkan pondasi bore pile yang kuat dan kokoh. Kesalahan dalam perhitungan meskipun cuma sedikit saja, mampu mempengaruhi kekuatan bangunan secara keseluruhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *